Rakor DESKEL Kali Pertama diadakan di Muara Papalik 2020

RAKOR KECAMATAN DESA DAN KELURAHAN PERTAMA DIADAKAN DI MUARA PAPALIK

Dalam pemerintahan baik desa dan kelurahan tak lepas dari saling berkoordinasi antar stake holder baik dalam pelaksanaan pemerintahan maupun pembangunan. Koordinasi bermakna: perihal mengatur suatu organisasi atau kegiatan sehingga peraturan dan tindakan yang akan dilaksanakan tidak saling bertentangan atau simpang siur (KBBI).


Rapat Koordinasi Kepala Desa dan Lurah bersama Pemerintah Kecamatan Muara Papalik ini dilaksanakan pertamakali pada tahun 2020 dan untuk bulan Januari 2020 dilaksanakan di desa Dusun Mudo. Rakor ini dihadiri oleh Camat, Kasi Pemerintahan, Kasi Kesra, Staff , 9 Kepala Desa dan 1 kelurahan, Pendamping Desa Pemberdayaan dan Pendamping Lokal Desa.

Dalam Rakor ini, Pemerintah Kecamatan menyampaikan Program Kegiatan Kerja Kecamatan yang akan dilaksanakan di tahun 2020 yang bersinergi dengan Desa dan Kelurahan. Rapat yang dipimpin oleh Camat menyampaikan beberapa hal strategis baik dalam pelaksanaan pemerintahan  dan pelaksanaan pembangunan Desa dan Kelurahan. Kasi Pemerintahan dan Kasi Kesra juga memberikan arahan kepada forum rapat, agar kedepan lebih baik lagi dari tahun sebelumnya dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan.

Camat memberikan arahan terkait pelaksanaan pembangunan desa agar dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan. Dalam perencanaan desa dan kelurahan harus berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan kabupaten terhadap kendala yang dihadapi agar pelaksanaan suatu kegiatan berjalan dengan lancar tanpa ada permasalahan yang timbul kedepannya.

Untuk Kepala Desa Defenitif agar segera menyelesaikan penyusunan RPJMDesa. Di Muara Papalik 5 Kepala Desa yang sudah dilantik pada 25 November 2019 yakni; Desa Lubuk Sebontan, Rantau Badak Lamo, Sungai Papauh, Sungai Muluk dan Desa Pematang Balam. Kelima Desa ini agar difasilitasi oleh Pendamping Lokal Desa kepada Tim Penyusun dalam menyusun dokumen RPJMDesa.

Dalam Rakor ini Pendamping Desa Pemberdayaan juga memberikan arahan dan masukan agar Rakor Kecamatan antar Desa dan Kelurahan kedepan bisa terus dilaksanakan untuk terjalinnya silaturahmi antar Kepala Desa dan Lurah dengan Pemerintah Kecamatan, menjalin kerjasama antar desa baik BUMDesa, BUMADesa serta BUMDes Bersama.


Author-Editor
PDP Muara Papalik 

No comments

Powered by Blogger.