PD PLD Muara Papalik Atur Strategi Pemberdayaan PosyantekDes

Muara Papalik 10/02/2020

Terlihat Tim TPP (PD PLD) Muara Papalik sedang menyusun Strategi untuk menggalakkan PosyantekDes dan Desa Unggulan di Kecamatan Muara Papalik. PD Muara Papalik memberikan arahan dan bimbingan kepada rekan PLD untuk mengatur siasat yang membangun dalam mendampingi desa agar PosyantekDes dan Desa Unggulan segera dilakukan ke desa dampingan (sambil menulis mengisi buku bimbingan).

Pemberdayaan masyarakat menjadi aspek penting yang harus diperhatikan oleh pemerintah guna membantu proses pembangunan bangsa. Suatu perubahan yang dibutuhkan oleh masyarakat agar dapat merubah kondisi ekonomi, sosial mandiri dan memperoleh kesejahteraan hidup. 

Untuk melakukan pemberdayaan dibutuhkan pihak-pihak yang dapat mendukung proses perbaikan pada masyaraakat. Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (POSYANTEK) adalah lembaga kemasyarakatan berada di tingkat Kecamatan yang berfungsi memberikan pelayanan teknis, informasi, promosi dan orientasi tentang Teknologi Tepat Guna (TTG).

Dalam melakukan pendampingan desa/fasilitasi terkait Posyantek di desa, perlu dilakukan pendekatan deskritif kualitatif, yaitu mendeskriptifkan fenomena secara faktual, sistematis dan akurat dengan didukung fakta-fakta yang ada dilapangan. Dalam pendampingan ini penting untuk mendeskriptifkan peran komunikasi Posyantek dalam upaya pemberdayaan masyarakat desa melalui pemahaman dan penggunaan tentang TTG.

Strategi komunikasi yang dilakukan ke desa yaitu pendekatan secara langsung serta membentuk kelompok yang mana terlihat dari antusias masyarakat yang mendapatkan sosialisasi program. Pemilihan kepala desa sebagai oponion leaders oleh Posyantek, memberi kemudahan bagi pemberdayaan untuk masuk ke dalam lingkungan sosial masyarakat. 

POSYANTEK | Strategi PD PLD | TPP Muara Papalik | Tanjabbar

1. Komunikasi Pembangunan dan Pemberdayaan masyarakat
Komunikasi merupakan salah satu dasar dari perubahan sosial, yang mana dari dasar tersebut dapat mencapai sebuah perubahan yang mengarah pada pembangunan yang lebih baik, maka lakukan pendampingan komunikasi melalui pemberitahuan, membujuk, menerangkan, menjelaskan serta membandingkan.
Dalam konteks Pemberdayaan, berfokus pada penciptaan ide dan pemberian motivasi yang bertujuan
agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam proses pembangunan.

2. Komunikasi Kelompok dalam Pembangunan
Penyampaian pesan inovasi dalam membentuk sebuah komunikasi dalam kelompok, karena adanya interaksi langsung lebih dari 3 orang didalam kepengurusan PosyantekDes, berbagi informasi atau penyelesaian masalah sehingga outputnya menerima atau menolak suatu ide maupun informasi yang dibahas bersama.
Melakukan sosialisasi dalam mengenalkan manfaat penggunaan TTG pada masyarakat dengan mensosialisasikan alat-alat TTG baik dari referensi lokal maupun dengan alat TTG yang ada di desa sehingga akan mempermudah dalam menentukan masyarakat sasarannya.

misalnya;
Botol air mineral didesain menjadi tempat/media bertanam sayur, yang mana nanti tidak melakukan penyiraman setiap hari, karena sudah ada air didalamya dan diberikan sumbu untuk melembabkan tanahnya. Ini merupakan alat TTG sederhana yang bisa dicontohkan kepada masyarakat, dapat dibuat dengan mudah dan bahannya pun juga mudah didapatkan.


 "Jadi, program Posyantek sendiri itu kita mensosialisasikan alat-alat TTG,
paling tidak masyarakat yang sudah punya kegiatan atau usaha kecil. 
Jadi masyarakat yang punya kegiatan terus kita
arahkan dan terus kita perkenalkan alat-alat yang dapat membantu usahanya”


Author/Editor
PDP Muara Papalik



No comments

Powered by Blogger.