Ibu PKK Ingin Piring ini jadi PRUDes Kemang Manis

Kemang Manis, PKK pada unit Pokja beragam macam kegiatannya, seperti Ibu-ibu PKK ini dalam mengembangkan 10 Program Pokok PKK di desanya mulai Toga, Dasa Wisma sampai menumbuhkan kreatifitas seperti kerajinan tangan yang memanfaatkan potensi yang ada didesanya.

Sebut saja ibu NURUL, yang kami temui pada waktu kegiatan PKK, ibu ini bercerita singkat dalam memanfaatkan potensi yang ada bahan lokalnya di desanya dan begitu luas tak terhitung jumlahnya. Bersama dengan rekan PKK lainnya menyulap lidi sawit menjadi sebuah wadah piring yang digunakan sebagai alas tempat nasi yang sering digunakan pada prasmanan acara pesta.

"kalau alas tempat nasi di acara pesta kan bahannya dibuat dari plastik/rotan, 
sekarang inovasinya bisa kita buat dari lidi sawit, ketahanannya juga tidak kalah saing"

Lidi pelepah sawit lebih kuat dibanding lidi pelapah daun kelapa yang gampang patah, tapi lidi pelapah sawit untuk dibuat menjadi piring ini dia lebih lentur dan mudah dibentuk. Prosesnya mulai dari memisahkan daun dari lidi, kemudian langsung dianyam/dibentuk dan akan lebih bagus direndam dengan bahan khusus.

Sudah menjadi inovasi dalam kerajinan tangan ibu PKK ini, tinggal lagi ini diperkuat dengan dorongan pemerintah agar bisa dikembangkan dan menjadi Produk Unggulan Desa. Dimana ini nanti digandeng bersama BUMDesa yang bisa mendongkrak ekonomi masyarakat dari hasil produksinya.

Terus kembangkan ya ibu-ibu PKK.

Author/Editor
PDP Muara Papalik




No comments

Powered by Blogger.