SIPEDE TIDAK BISA DIBUKA ? COBA GUNAKAN CARA INI

SIPEDE adalah sebuah aplikasi monitoring terhadap sistem pendapatan dan belanja desa APBDesa yang dalam intinya terhadap penggunaan dana desa. Sipede ini merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dalam memantau dan mengevaluasi penggunaan dana desa serta laju gerak pembangunan yang sumber dananya dari Dana Desa.

Sejak tahun 2017 aplikasi sipede ini sudah digunakan dan dikelola serta dikoordinir melalui masing-masing kabupaten. Melalui Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), aplikasi Sipede dituntut menjadi bagian tugas para Tenaga Pendamping Profesional baik Koordinator Pendamping Nasional, Wilayah, Tenaga Ahli Kabupaten, Pendamping Desa serta Pendamping Lokal Desa.

Tugas TPP ini menjadi bagian evaluasi terhadap kinerja pendamping desa, oleh karenanya tugas ini benar-benar menjadi perhatian bagi Tenaga Pendamping Profesional agar melaksanakan tugas sesuai dengan SOP dan Tupoksi masing-masing jenjang.

Pada hari kamis 05 April 2018, tidak tahu kenapa aplikasi sipede tidak bisa diakses baik melalui komputer maupun menggunakan handphone. Hal ini juga diinformasikan oleh KPW Provinsi Jambi  pak "Amir" selaku koordinator Sipede bahwa aplikasi sipede tidak bisa diakses. Hal ini beliau sampaikan berdasarkan Informasi dari Eos Telkom bahwa "DNS indihome sedang bermasalah, sehingga tidak bisa mengakses aplikasi sipede". Lantas bagaimana caranya agar sipede tetap bisa dibuka meskipun sedang bermasalah di DNS indihome demi melanjutkan tugas penginputan sipede 2017 2018? yuk kita coba cara dibawah, siapa tau bisa...

Dalam hal ini, penulis mencoba memberikan sedikit pengetahuan, bahwa setiap situs/website yang kita akses tidak bisa dibuka bukan semata-mata dikarenakan kesalahan pada provider jaringan yang kita gunakan, bisa saja IP lokal tidak bisa situs tersebut, bisa jadi juga situs/website tersebut sedang dalam perbaikan (maintenance) atau bisa jadi situs tersebut mendapat serangan cyber/virus sehingga website mengalami down atau hal-hal lain terkait dari server website itu sendiri.

Untuk hal diatas, sipede tidak bisa dibuka dengan IP lokal, kita akan mencoba membuka pakai IP luar untuk situs Sipede.ppmd.kemendesa.go.ig tersebut.

Seperti judul diatas, SIPEDE TIDAK BISA DIBUKA ? COBA GUNAKAN CARA INI, simak tahap demi tahap langkah-langkah dibawah ini:

MENGGUNAKAN VPN di Laptop/Komputer
  1. Pertama download tool ini | VPN
  2. Pasang dan Instal Vpn yang sudah didownlod tadi, next, next dan pilih Tap Install
  3. Selanjuntya buatkan akun untuk Vpn, disini saya menggunakan Server Negara Singapore
Cara Membuat akun VPN :
  1. Buka klik tautan ini AKUN VPN
  2. Isi Username dan Password dan centang kotak (saya bukan robot), kemudian klik tombol "Create Now" ; lihat contoh pada gambar dibawah; 
  3. Setelah itu muncul hasil akun yang dibuat, copy salin akun tersebut dalam notepad atau dokumen word dan klik tombol diatas yang dilingkari warna orange atau download Confignya disini | CONFIG VPN 
  4. Buka hasil downlod config Vpn tadi ( SG10-TCP-465.ovpn ) copy file tersebut dan pastekan ke tempat OpenVpn diinstal yaitu di Local Disk:C/Program Files/OpenVpn/config, seperti gambar dibawah 

  5. Kemudian aktifkan hotspot dari Hp kemudian pada laptop koneksikan internet wifinya sampai tersambung internet.
  6. Sekarang buka OpenVpn pada laptop dari star menu dan muncul notifikasi pilih yes
  7. Arahkan mouse ke pojok kanan bawah taskbar dan klik kanan icon VPN (gambar monitor kunci) lalu arahkan ke SG10-TCP-465 dan pilih "Connect" . Posisi Vpn berwarna abu-abu artinya Vpn belum konek.
  8. Kemudian muncul kotak, isi dengan Username dan Password yang sudah kita buatkan akunnya tadi, jika sudah klik tombol OK dan tunggu proses Vpn melakukan crypt koneksi dan IP Changer sampai selesai. 
  9. Jika Vpn berhasil konek/Succesfully, akan ditandai dengan notifikasi yang muncul dari pojok kanan bawah serta warna icon Vpn berubah menjadi warna hijau . Lihat gambar dibawah; 

  10. Oppss Tunggu dulu,,,sekarang kita pastikan dulu IP addressnya sebelum membuka situs SIPEDE apakah IP yang kita gunakan sudah berubah dari IP Lokal Indonesia atau sudah berubah menjadi IP negara Singapore?
  11. Caranya klik tulisan ini ---> IPCHECKER , disitu akan terlihat IP Address  yang terkoneksi dilaptop, provider/operator yang kita pakai serta nama negara asal dari IP tersebut seperti gambar dibawah ini, operator dan IP yang saya pakai sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan VPN; 
  12. Alhasil alhamdulillah saya bisa kembali membuka situs Sipede.ppmd.kemendesa.go.id tepatnya pada pukul 00:31 WIB tanggal 6 April 2018 dan melakukan login ke akun Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi dan bisa kembali melanjutkan input APBDes 2018, Kegiatan Sarpras 2017 2018 dan Kategori Parameter lainnya untuk wilayah pendampingan saya Kecamatan Muara Papalik dengan menggunakan VPN (Virtual Private Network) seperti cara diatas. 
  13. Gambar diatas menunjukkan Sipede bisa dibuka menggunakan VPN
  14. Gambar dibawah ini Sipede tidak bisa dibuka tanpa menggunakan VPN 
Ucapan terimakasih kepada Tim KPW Provinsi Jambi terutama Koordinator SIPEDE Pak Amir yang selalu membimbing kami dalam mengelola Aplikasi Sipede serta Tenaga Ahli Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Teristimewa untuk Pak @Jokowi, @EkoSandjojo yang selalu memotivasi kami pendamping desa dalam mengabdi desa membangun indonesia.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kawan-kawan semua Pendamping Desa se Nusantara, jika masih belum bisa juga membuka situs Sipede, kemungkinan besar situs sipede sedang dalam perbaikan websitenya, sehingga situs itu sendiri tidak diaktifkan dari servernya (menurut analisa saya).

Mari bagikan ke kawan-kawan pendamping desa lainnya melalui media sosial, klik tombol Berbagi dibawah, bisa ke Facebook, Twitter, Google+ atau copy link URL alamat artikel ini dan bagikan ke Whatsapp Grub Koordinasi Pendamping Desa kawan-kawan di masing-masing wilayah.

Bila ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, silahkan tuliskan komentar atau mention ke akun saya dibawah;

Salam kenal Ronal...
Pendamping Desa Pemberdayaan
Kecamatan Muara Papalik
Kab. Tanjung Jabung Barat Prov. Jambi

Cp:

4 comments:

Powered by Blogger.