Manfaat Dana Desa - Pelatihan Memasak Tingkatkan Mutu SDM Ibu-ibu Pematang Balam

Pembangunan di desa akhir-akhir ini umumnya memfokuskan penggunaan Dana Desa untuk pembangunan infrastruktur, baik akses jalan, gedung, dinding penahan tanah dan infrastruktur lainnya sesuai pada kebutuhan dari desa itu sendiri dan didasarkan tipologi yang berbeda-beda pada desa.

Desa Pematang Balam, desa ini memfokuskan penggunaan dana desa tahun 2017 untuk bidang pembangunan, pemberdayaan dan permodalan Bumdes. Berbicara pemberdayaan, Pemerintah Desa Pematang Balam menggali usulan pada forum musrenbangdesa agar masyarakat mau mengusulkan untuk kegiatan pelatihan, peningkatan kapasitas kelompok perempuan ataupun bentuk pelatihan lain yang bisa meningkatkan sumber daya manusia. Prioritas usulan untuk bidang pemberdayaan yakni pelatihan membuat kue.

Pelatihan membuat kue dianggarkan sebesar Rp. 40.000.000,- yang diambil dari total pendapatan Dana Desa Tahun anggaran 2017 dengan menerima bantuan sebesar Rp. 757.113.000,- . Kegiatan pemberdayaan ini dikhususkan untuk kelompok perempuan.

Dalam pelatihan membuat kue ini peserta terbagi dalam 7 kelompok, 1 kelompok beranggotakan 5-6 orang. Berbagai macam jenis kue yang dipelajari cara membuatnya mulai dari dasar-dasar membuat adonan sampai kepada pembuatan kuenya yang juga didukung dengan fasilitas dalam membuat kue tersebut.

Pelatihan ini dilaksanakan lebih kurang 20 hari yang waktunya dimulai siang hari pukul 13.00 wib sampai pukul 16.00 wib. Dapat kita lihat bersama bagaimana antusias para ibu-ibu yang semangat dengan penuh keyakinan dalam belajar membuat kue dan canda gurau yang juga sesekali muncul karena ada hal-hal lucu yang timbul dalam pelatihan tersebut.

Dengan pelatihan peningkatan kapasitas kelompok perempuan ini tentunya memiliki dampak yang sangat baik terhadap menigkatkan sumber daya manusia.

No comments

Powered by Blogger.