4 Prioritas Dana Desa - Sungai Muluk Bangun Gedung Seni Olah Raga

Olah raga merupakan kegiatan yang menjadi hobi setiap orang, baik sepak bola, bulu tangkis, voly dan banyak lagi jenis olahraga sesuai minat tersendiri. Untuk melakukan olahraga tentunya membutuhkan sarana dan prasarana baik lapangan, gedung dan fasilitas-fasilitas pendukungnya. Lain hal dengan olah raga marathon, joging yang bisa dilakukan dijalan dan di tempat terbuka bahkan bisa dilakukan dirumah sendiri.

Pemerintah Desa Sungai Muluk pada tahun 2017 memanfaatkan Penggunaan Dana Desa tahun 2017 untuk pembangunan Sarana Olahraga dan juga membangun akses jalan.
Gedung olahraga ini suatu sudah sangat lama diwacanakan oleh pemerintah desa sesuai visi misi RPJMDes, hanya saja desa terkendala oleh biaya untuk membangun gedung olahraga ini.

Pada tahun 2017 Desa Sungai Muluk menerima bantuan Dana Desa sejumlah Rp. 763.668.000,- . Dana Desa ini digunakan untuk pembangunan Gedung Seni Olahraga dan pembangunan akses jalan. Dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa tahun 2017 sesuai hasil musrenbangdesa tahun 2016, masyarakat mengusulkan Gedung Seni dan Pembangunan akses jalan sebagai prioritas usulan dan dituangkan dalam dokumen RKPDes dan dibebankan dalam APBDes.

Pembangunan Gedung Seni dan Olahraga ini adalah sebagai berikut:
Nama Kegiatan | Pembangunan Gedung Seni dan Olahraga
Volume | 26 x 16 Meter
Lokasi | RT.04 Desa Sungai Muluk 
Jumlah Biaya | Rp. 590.000.000,-
Sumber Dana | Dana Desa Tahun 2017
APBDes Tahun 2017

Dengan dibangunkannya Gedung Seni dan Olahraga ini, desa bisa menjadikan objek ini sebagai unit usaha yang dikelola oleh BUMDes, dan pemasukannya baik dari olahraga badminton, futsal dll, maupun dari hasil jasa sewa yang nantinya Desa mempunyai Pendapatan Asli Desa (PAD) dan dari PAD tersebut desa bisa mengembangkan lagi untuk unit usaha lainnya. Semakin banyak desa mempunyai unit usaha BUMDes, maka desa akan sendirinya mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.
Kesimpulannya, Pembangunan Gedung Seni dan Olahraga bisa meningkatkan PAD dan pendapatan masyarakat.
BUMDes adalah senjata untuk melawan kemiskinan dan meraih Victory Economy.

Salam Membangun Desa
P3MD Kementerian Desa PDTT
P3MD Provinsi Jambi
P3MD Tanjung Jabung Barat
PDP Muara Papalik

No comments

Powered by Blogger.