Waw !!! Dana Desa Pulihkan Akses Transportasi Jembatan Desa Bukit Indah

Pembangunan di desa tahun demi tahun makin mengalami peningkatan dalam pembangunan infrastruktur baik transportasi maupun sarana prasarana desa. Seperti desa Bukit Indah pada tahun anggaran 2017 dengan Dana Desa masyarakat memprioritaskan salah satunya usulan sarana transportasi membangun ulang Jembatan di Jl.Jendral Sudirman RT.04 Desa Bukit Indah yang sudah mengalamai kerusakan total.
Jembatan yang rusak ini pada dulunya dibangun dengan swadaya masyarakat. Dengan berjalannya waktu dan faktor alam yang terjadi, jembatan ini mulai mengalami pergeseran atau berangsur patah. Akan tetapi masih bisa dilewati masyarakat baik pejalan kaki, roda dua dan empat ataupun armada angkutan sawit.
Pembangunan Jembatan ini merupakan bagian pembangunan ulang jembatan yang sebelumnya sudah tidak layak dilewati oleh masyarakat dikarenakan kondisi jembatan itu sendiri sudah patah dan benar-benar tidak bisa dilewati dan berbahaya. Hingga di tahun 2017, jembatan ini benar-benar sudah mengalami patah pada bagian sisi kanan dari arah desa bukit indah ke desa sungai muluk sehingga kendaraan tidak bisa lagi melewati jembatan ini dan pemerintah desa dan masyarakat menghimbau masyarakat agar jembatan ini jangan dilewati karena berdampak pada resiko kecelakaan. Oleh karena hal itu masyarakat mengusulkan usulan kebutuhan prioritas untuk membangunkan ulang jembatan yang baru.

JOAN PRAYUDA, SE Pj Kepala Desa Bukit Indah dan juga menjabat sebagai Sekcam di kecamatan Muara Papalik mengambil kebijakan dan menyusun RKPDes berdasarkan hasil kesepatan MusrenbangDesa yang dilaksanakan pada tahun 2016 untuk perencanaan tahun 2017 dan menganggarkan biaya pembangunan yang salah satunya Pembangunan Jembatan yang dianggarkan menggunakan Dana Desa Tahun 2017 tersebut kemudian menyusun APBDes Tahun Anggaran 2017 sebagai pedoman dalam pendapatan dan belanja desa.
Adapun Infografis/Volume pembangunan jembatan ini adalah;
Panjang 5 x Lebar 5 Meter
Lokasi : Jl. Jendral Sudirman RT.04
Jumlah Biaya Rp. 171.776.360
Sumber : Dana Desa Tahun 2017 Apbdes Tahun 2017


Dengan dibangunkannya jembatan ini melalui Dana Desa, kini aktifitas masyarakat dalam mengangkut hasil perkebunan sawit melalui jalur transportasi ini sudah kembali normal, dan juga anak-anak sekolah sudah tidak lagi mengalami kesulitan untuk berangkat menuntut ilmu di sekolahnya. Manfaat Dana Desa yang dirasakan begitu besar dan sangat melekat ke semua masyakarat desa Bukit Indah dan juga dirasakan manfaatnya oleh orang lain serta warga desa Sungai Muluk yang melewati jembatan ini untuk mengangkut hasil pertanian mereka.


Harapan kedepan, masyakarat Desa Bukit Indah bersama-sama menjaga dan memelihara jembatan ini sebaik-baiknya agar jembatan ini tetap utuh demi kelancaran transportasi di desa.

#ManfaatDanaDesa2017
#ProvJambi
#Tanjabbarat
#MuaraPapalik

Penulis+Editor : Ronal Vendra (PDP Muara Papalik).

No comments

Powered by Blogger.