Pembuatan Pipanisasi PAM Desa Dusun Mudo - Masyarakat Tak Lagi Kesulitan Air Bersih

Air adalah sumber kehidupan, itulah kata pepatah yang bisa kita tanamkan dalam diri bahwa pentingnya akan air untuk kebutuhan sehari-hari. Air merupakan kebutuhan yang kedua setelah udara, betul tidak??? Bila kita memandang ke daerah lain yang begitu susahnya mereka mendapatkan air bersih untuk berbagai kegunaan seperti air minum, memasak, mencuci dsb. Jadi, jagalah dan rawatlah lingkungan disekitar kita agar air yang menjadi sumber kehidupan tidak tercemar nantinya.

Desa Dusun Mudo, desa yang bersebelahan dengan desa Lubuk Sebontan dan berbatasan dengan desa Rantau Badak Lamo kecamatan Muara Papalik Kab. Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi ini mempunyai jumlah penduduk banyak, tentunya berbagai macam kebutuhan hidup bermacam-macam pula. Berbicara masalah air bersih, mayoritas masyarakat mendapatkan air bersih dengan cara menampung air hujan, sumur bor hanya tersedia dibeberapa tempat dan manfaatnya hanya dirasakan oleh warga disekitar sumur bor tersebut.

Dengan adanya bantuan pemerintah bersumber APBN melalui Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) dibawah naungan Kementerian Desa PDTT, pemerintah mengalokasikan Dana Desa untuk masyarakat bisa membangun apa yang menjadi kebutuhannya. Pemerintah Desa Dusun Mudo mensiasati Dana Desa tersebut untuk berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan.

Pada tahun 2017 Desa Dusun Mudo memperoleh bantuan Dana Desa sebesar Rp. 821.799.000,- yang dituangkan ke dalam APBDes 2017 (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) dan dialokasikan untuk pembuatan Pipanisasi PAM Desa sebesar Rp. 300.799.000,- dengan panjang Pipanisasi Volume 4.300 meter yang berlokasi di Dusun I Desa Dusun Mudo.

Adapun proses pembuatan Pipanisasi ini memakan waktu lumayan lama agar hasilnya baik dan saluran distribusi air bersih dipastikan bisa lancar mengalir sampai ke rumah masyarakat. Tahap awal dalam pengerjaan pipanisasi air bersih dilakukan mulai dari penggalian parit untuk pipa induk disepanjang lintasan sebelah kanan jalan poros arah ke dalam dusun I sampai ke ujung dusun. Dalam pengerjaan penanaman dan pemasangan pipa serta dalam proses penyambungan pipa satu dengan yang lainnya membutuhkan ketelitian untuk menghindari kebocoran pipa itu sendiri dan tentunya menghindari kerugian terhadap asupan air.

Setelah pemasangan pipa induk selesai, tahap selanjutnya yaitu pemasangan meteran air dan pipa saluran kerumah warga. Pemasangan meteran juga harus memperhatikan terhadap kondisi disekitarnya. Pemasangan meteran harus lebih tinggi dari permukaan tanah agar meteran tidak mengalami kerusakan baik disebabkan genangan air, tertimbun tanah/pasir dan harus berada dengan posisi yang tidak mudah patah.

Tahap demi tahap dilakukan penuh ketelitian dalam pengerjaan pipanisasi, agar hasilnya bisa dirasakan manfaatnya untuk masyarakat. Selesainya pembuatan pipaniasi ini, kini masyarakat Desa Dusun Mudo Tak Lagi Kesulitan Air Bersih, dan kebiasaan sebelumnya dalam mendapatkan air bersih kini semakin ditinggalkan dan lebih mementingkan kesehatan terhadap menggunakan air bersih.

Itulah pemanfaatan Dana Desa Tahun 2017 yang kegiatan pembangunannya memenuhi sarana prasarana Air Bersih. Dengan adanya PAM Desa dan Pipanisasi ini semoga kedepannya masyarakat Desa Dusun Mudo terus bisa terpenuhi dengan adanya air bersih yang sudah mengalir ke rumah mereka dan tahu akan pentingnya menjaga kualitas air bersih dan menjaga lingkungan.

PDP Muara Papalik

1 comment:

  1. Halo, apakah sdh menggunakan aplikasi utk pencatatan meteran dan penagihan ke pelanggan? (Warga desa) jika belum menggunakan aplikasi sy menawarkan aplikasi rekening air.... bisa hub sy no. 085337082016

    ReplyDelete

Powered by Blogger.