SAROGA - Fasilitas Lapangan Sepak Bola Termanfaatkan untuk Masyarakat Sungai Papauh

Sepak bola atau bola kaki merupakan kegiatan olah raga yang popularitas penggemar dan peminatnya berada di posisi nomor 1 di dunia. Tidak tanggung-tanggung peminat olah raga sepak bola atau bola kaki ini rela mempersiapkan segala kebutuhan perlengkapannya. Mereka pun punya idola dan nge-fans dengan pemain-pemain terbaik dunia yang menjadi pemain favoritnya.

Sebut saja Ronaldo misalnya, para penggemar pemain sepak bola dunia Ronaldo bahkan mengidolakan gaya rambutnya yang keren dan menirukan ke potongan rambut mereka bahkan gaya pose saat melakukan tendangan bebas dan finalti pun mereka tirukan, hmm itulah kalau menjadi pemain yang punya fans idola, bisa ditiru gayanya.

Dalam bermain sepakbola tentunya membutuhkan fasilitas lapangan yang memadai untuk melakukan permainan sepak bola, agar dalam bermain bola bisa dinikmati dan bebas berekspresi dengan teknik yang dimiliki. Desa Sungai Papauh pada tahun sebelumnya belum memiliki aset desa Lapangan Sepak Bola. Penggemar dan pemain sepak bola di desa ini cukup banyak dan mereka sebelumnya bermain dan berlatih sepak bola di lapangan sepak bola desa tetangga.

Dalam pembangunan desa, program pemerintah desa untuk mengembangkan minat olah raga dengan membangunkan lapangan sepak bola ini sudah menjadi bagian visi misi utama. Hanya saja dari tahun sebelumnya belum bisa dilaksanakan dengan ketidak adanya dana untuk membangun lapangan sepak bola ini. 

Berawalnya bantuan Dana Desa pada tahun 2015, kebutuhan masyarakat untuk memanfaatkan Dana Desa ini mengakomodir untuk membangun infrastruktur jalan desa. Meskipun demikian, usulan para pemuda dan masyakarat tetap menyampaikan pendapat mereka dalam forum musyawarah desa untuk perencanaan pembangunan di desa.

Dalam MusrenbangDesa yang dilaksanakan pada tahun 2017 untuk perencanaan pembangunan desa tahun 2018, Lapangan Sepak Bola menjadi salah satu prioritas untuk bidang pembangunan yang dilakasanakan di desa Sungai Papauh pada tahun 2018. Dengan aset lahan kosong yang dimiliki desa sungai papauh, masyarakat memanfaatkan lahan tersebut untuk dijadikan sebagai lokasi pembangunan Lapangan Sepak Bola.

Desa Sungai Papauh sudah memiliki Lapangan Sepak Bola yang dibangun pada tahun 2018 ini. Lapangan Sepak Bola ini dibangun menggunakan Dana Desa berkat bantuan pemerintah APBN melalui Program P3MD.

Pemanfaatan lapangan sepak bola ini sudah dirasakan masyarakat seperti pelaksanakaan kegiatan lomba desa dalam memperingati hari kemerdekan 17 Agustus dan juga telah dimanfaatkan untuk pelaksanaan MTQ Tingkat Kecamatan Muara Papalik Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang dilaksanakan pada Oktober 2018 lalu serta aktifitas kegiatan bermain dan berlatih sepak bola dilakukan di lapangan sepak bola ini.

Dengan adanya Lapangan Sepak Bola ini, masyarakat hendaknya menjaga dan memelihara aset yang mereka miliki ini dengan sebaik-baiknya dan dipergunakan untuk kegiatan yang positif.

No comments

Powered by Blogger.